it:elearning:tutorial_guru:cara_oper_host

Action disabled: source

Cara memberikan akses Host / Co-Host ke akun lain

Di aplikasi zoom, terdapat fitur untuk mengijinkan sebuah meeting memiliki dua co-host atau host.

Host adalah pemilik meeting dengak akses penuh. Sedangkan co-host hanya bertugas untuk memoderasi jalannya meeting. Misalnya untuk admit peserta, mengeluarkan peserta, mematikan microphone peserta, dsb.

Untuk menambahkan host dan co-host, pada saat meeting dimulai, klik Participants.

Pada kolom peserta di sebelah kanan, pilih orang yang akan ditunjuk sebagai host / co-host. Orang yang akan ditunjuk harus sudah bergabung dalam meeting (sudah di admit).

Caranya, pada nama orang tersebut, klik more

Kemudian pilih Make Host, atau Make Co-Host


Perbedaan make host dan co-host:

  • Jika memilih Make Host, maka anda akan kehilangan hak sebagai host (berpindah ke orang yang ditunjuk). Sering disebut juga oper host. Akses penuh sebagai host / pemilik meeting akan dipegang oleh akun yang anda tunjuk. Untuk mengembalikan akses anda sebagai host, pada kolom participants, klik titik tiga di bagian kanan bawah, kemudian pilih Reclaim Host. Anda hanya bisa menunjuk satu orang yang akan menggantikan sebagai host.
  • Jika memilih Make Co-Host, anda tetap mendapat hak sebagai host utama. Anda bisa memilih beberapa orang untuk menjadi co-host.

Peserta rapat yang ditunjuk sebagai host atau co-host tidak harus memiliki akun zoom berbayar. Bisa menggunakan akun zoom free / akun pribadi.

Apabila host asli meninggalkan rapat, maka batasan waktu dan jumlah peserta tetap unlimited (jika meeting dibuat menggunakan akun wali kelas).